Kamis, 25 September 2008

Gondongan

Nama penyakit itu tak pernah gue dengar sampe minggu lalu karena salah seorang penginjil di gereja harus dikarantina gara-gara sakit gondongan. Senin ke kantor seperti biasa tapi waktu pulang, rasanya badan gue ngilu-ngilu. Setelah mandi malam, leher (tepatnya di bawah kuping) kiri gue bengkak. Gue kaget karena seumur hidup ga pernah leher gue bengkak. Akhirnya gue olesin balsam lalu tidurlah gue dengan tidak nyenyak. Selasa pagi tambah bengkak dan badan gue luar biasa lemes. Ga sanggup kerja deh kalo gitu, gue mo ke dokter aja.


Mencari dokter aja luar biasa. Pagi gue pergi ke dokter deket pasar jatinegara. Bayangkan, gue dapat nomor antrian 11 dengan diiringi pemberitahuan penjaga klinik kalo si dokter lagi ada urusan, kalau jam 9 belum datang, kemungkinan dokter ga bisa datang dan buka praktek lagi sore. Gue datang jam 8.30 dan mutusin buat nunggu aja sampe jam 9. Di ruang tunggu tampak muka-muka orang yg mengenaskan (jangan-jangan muka gue juga kayak mereka). Tiba-tiba tampaklah si dokter nongol. Gue nyengir & bilang ke orang-orang bahwa ekspresi mereka semua tampak jauh berbeda ketika lihat dokter datang. Ternyata di saat sakit, tak ada yang bisa membuat orang lebih happy ketimbang melihat wajah dokter ^_^ Mereka juga cengengesan denger komentar gue. Dari situ kami ngobrol2, ternyata banyak yang sakit parah. Ada yang diduga gagal ginjal. Aduh dengernya aja gue udah merinding campur kasian. Rasanya sakit gue ga seberapa deh dibanding mereka. Kami menanti dengan sukacita karena ada pengharapan akan segera diperiksa oleh dokter.


Setelah nomor urut 2, si dokter dapet telepon bahwa keluarganya sakit dan dia harus segera ke rumah sakit lagi (ternyata tadi urusannya belum selesai). Jadi, nomor urut 3 ke atas, ga bisa diperiksa. Waduh, gue sampe ga berani komentar lagi liat ekspresi orang-orang, kasian banget, muka-muka kecewa. Wong gue sendiri kecewa. Akhirnya gue ke toko (rumah saudara yang deket banget ama klinik itu). Gue mo cari dokter gereja gue aja deh. Setelah dapat nomor teleponnya, gue telepon dan si dokter ternyata praktek jam11, jadi gue bilang aja nti gue mo datang. Waktu itu baru jam9! Gue pikir mo pulang rumah juga tanggung jadi akhirnya gue nunggu aja di toko. Ampun deh 2 jam kalo kerja rasanya cepet banget. Ga ngapa2in 2 jam tuh rasanya luar biasa boring! Mana gue mabok liat kemacetan di depan toko, bunyi klakson, debu, bising banget deh. Karena ga ada ranjang buat tidur, gue duduk aja kayak orang katatonik, ga bisa bergerak saking lemesnya.


Jam 10.30 gue jalan kaki ke tempat praktek si dokter gereja. Walau gue belum pernah ke dokter itu, gue pede jalan kaki panas2 sampe rasa mo pingsan eh tau-taunya ga ada dokter itu di situ (adanya dokter gigi). Katanya dia praktek di Apotek Jatinegara dan waktu gue cek emang tempat yang gue datengin adalah Apotek Sriti. Waduh pokoke payah banget deh. Saking cape dan mo pingsan kepanasan, gue memutuskan pulang ke rumah aja daripada gue pingsan di jalan nyari2 apotek yang gue ga tau ada di mana. Di rumah gue langsung minum antibiotik & neurobion. Terus gue berusaha tidur. Sampe sore ternyata masih belum sembuh, masih meriang & seluruh badan & kepala gue sakit.


Akhirnya bokap gue yang cek 2x ke dokter tetangga deket rumah. Yang kedua kalinya, pintu praktek si dokter udah dibuka karena bokap berhasil menggerakkan orang buat ketok2 rumah si dokter. Akhirnya gue ke dokter sore-sore jam 5an gitu. Bayangkan seharian gue ga abis pikir kog bisa2nya cari dokter susah gitu. Biasanya kan gampang hehehehe… Kata dokter gue positif gondongan alias parotitis (pembengkakan kelenjar ludah karena virus), dia nanya gue ketularan siapa yang gondongan. Gue bilang aja ga tau karena kayaknya si penginjil yang gondongan udah dikarantina jadi ga mungkin kena dari dia. Walhasil gue disuntik, dikasih obat antivirus dan obat antibiotik (yang udah gue minum sejak siang) plus obat buat meredakan demam/meriang. Yang penting, gue disuruh istirahat 2 hari, ga boleh kena angin karena angin mengandung banyak virus.


Kalo fisik lagi ga fit, virus mudah menyerang karena tubuh ga mampu membentuk antibodi untuk melawan si virus. Si dokter ga ngasih gue vitamin lagi karena hehehe kalo merasa sakit, gue pasti langsung minum vitamin banyak-banyak, jadi dia cuma mendorong gue untuk terus makan vitamin. Dokter sempet tercengang liat obat atau vitamin yang udah gue makan sejak gue merasa ga fit. Katanya, ‘jangan terlalu banyak nti perut lu jadi apotek.’ Gue disuruh pantang makanan pedes (menyedihkan), gorengan dan seafood yang amis-amis. Pokoke minggu ke depan rasanya nafsu makan gue turun deh. Dasarnya udah sakit ngunyah gara-gara bengkak bikin gue males makan eh sekarang semua makanan jadi ga enak karena ga boleh pedes.


Adik gue yang pertama pulang rumah langsung bawa kabar bahwa kata penginjil gue, anak-anak SD BPK Penabur Cipinang hampir semua kena gondongan. Adik bungsu gue langsung teriak, “Wah, Minggu kemaren si Stella MC di Sekolah Minggu. Pasti ada anak gereja yang bawa virus dan masuk deh ke mulutnyya waktu mereka nyanyi-nyanyi.” Menyedihkan, kemungkinan besar sih yang mereka bilang itu benar. Jadi gue mewanti-wanti orang rumah supaya minum vitamin C banyak-banyak karena gue udah bawa virus. Tapi kalo mereka sehat, virus ga akan berpengaruh buat mereka.


Waktu gue mikir-mikir kenapa ya gue bisa kena penyakit ini, dan kenapa God izinin ini terjadi. Saat ini sih yang terpikir adalah memang gue sangat butuh istirahat. Rencana lebaran mo tidur panjang. Tapi Senin lalu, gue liat penawaran paket lebaran ke pangandaran duh rasanya godaan/dorongan buat pergi tuh luar biasa kuat. Sampe senin sore gue sangat kepingin berpetualang ke green canyon, liat goa-goa jepang, liat pantai, dll. Eh kejadian seperti ini bener2 menghancurkan semua godaan itu. Gue tau bahwa gue bener2 harus istirahat total. Badan gue emang kurang fit. Sebenernya bisa lewat Agustus dan sampe di akhir September aja itu udah merupakan anugerah Tuhan. Dan seharusnya tekad gue untuk istirahat di lebaran tak tergoyahkan. Apa mau dikata, gue sangat suka pemandangan alam dan liburan ke tempat-tempat seperti itu mendatangkan kepuasan tersendiri walau akhirnya pasti kecapean. Dan gue rasa Tuhan bae, DIA kasih waktu yang tepat buat gue sakit. Walau sebenernya saat ini kantor yayasan lagi sangat repot dan gue merasa bersalah sakit di saat-saat seperti ini. Tapi thanks God, orang-orang yayasan sangat mendukung gue untuk rest (gue rasa mereka juga ga mo ketularan ya ^_^) dan segala sesuatu berkaitan dengan pekerjaan pelayanan masih bisa dikontrol.


Melalui sakit kali ini, pengalaman susahnya mencari dokter, membuat gue melihat ada banyak orang di sekitar gue yang sakit jauh lebih parah dari gue. Belum lagi kalo mereka ga punya dana buat berobat, betapa sulitnya mencari dokter. Betapa menderitanya sakit tanpa diobati dokter. Betapa senangnya ketika sakit melihat dokter yang care dan menjawab semua pertanyaan kita dengan sabar. Dan emang God kasih dokter yang terbaik yaitu dokter tetangga gue, dokter gue sejak kecil yang udah pensiun. Rasanya terharu aja dilayani ama dokter yang udah ubanan, dan begitu liat gue langsung nanya apa gue mo duduk di mejanya lagi kayak dulu waktu gue masih kecil hehehehe…


Kompas pagi ini memberitakan di Jakarta banyak sekali orang yang terserang ISPA (Infeksi Saluran Pernafasan Atas) karena udara panas dan banyak virus sementara stamina orang-orang udah banyak yang ga fit jadi mudah diserang virus yang menggejala dalam bentuk batuk, pilek, panas, demam, meriang. Puskesmas dan klinik banyak menangani pasien-pasien yang sakit begitu. Gue berpikir menjelang lebaran kali ini banyak orang sakit, kasian juga orang yang bekerja di area medis, mereka harus tetep masuk dan melayani orang-orang sakit. Betapa mulianya tugas mereka itu. Sayangnya, orang-orang cenderung tidak merasakan pengorbanan mereka, tidak menghargai kecuali di saat-saat membutuhkan. Kita memang cenderung tidak menghargai sesuatu yang dikerjakan orang lain sampai di titik kita membutuhkan pelayanan mereka. Jadi, gue belajar untuk menghargai dan mendoakan mereka yang melayani masyarakat, terutama ketika masyarakat liburan. Terimakasih untuk keberadaan mereka bagi kita semua. Kiranya Tuhan senantiasa memberkati hidup mereka dan mereka merasakaan sukacita menjalani pekerjaan pelayanan mereka. Amin…

Tidak ada komentar: