Senin, 01 September 2008

Antiviruskah?

Minggu lalu gue download antivirus2009 dari internet untuk mengupdate antivirus2008 yang udah ada di laptop gue. Eh tau-tau dapet pesan bahwa laptop gue terinfeksi 50an virus. Bikin gue kaget dan berusaha remove tuh virus-virus dengan antivirus2009. Yang bikin gue tambah panik adalah si antivirus2009 itu ga bisa remove kecuali gue punya license alias gue beli tuh software lengkapnya. Gue kan ogah beli2 antivirus. Jadi gue mo uninstall aja si antivirus2009 itu karena dia memprotect laptop gue sampe ga bisa akses apapun di internet.

Malangnya, ga bisa diuninstall!!! Setelah dapet info dari temen, gue download unistaller2008. Tapi tetep ga terdeteksi oleh uninstaller2008, jadinya ga bisa diuninstall.... Wah pokoke stres deh gue seharian sampe akhirnya bisa gue stop walau belum diuninstall, dan gue coba liat kasus2 di yahoo (karena gue ga bisa masuk google!). Ternyata antivirus2009 itu spyware or malware or sejenisnya! Itu bukan antivirus dan udah banyak orang yg tertipu, salah satunya adalah gue :^_^:

Walhasil, gue berhasil "membunuh" si antivirus2009 berdasarkan rekomendasi yahoo bahwa itu bisa dihilangkan oleh malwarebytes anti-malware. Gue seneng sih tapi semua itu membuat gue berpikir ulang tentang beberapa hal: 1/ Nama antivirus bisa mengecoh orang. Antivirus harusnya punya kemampuan membasmi virus, dan bukan sebaliknya menjadi virus itu sendiri. Nama Kristen identik dengan terang dunia. Apakah justru gue sebagai orang Kristen malah sama gelapnya dengan dunia yang gelap ini? Duh, jangan sampe deh gue mengecoh orang dengan label Kristen yang gue pake. Dengan label hamba Tuhan yang gue sandang.

2/ Perlu usaha proaktif dari gue untuk membuat orang lain membuka pintu menolong. Gue udah rada gaptek sekarang, bahkan ga bisa menyetop runninngnya si antivirus2009. Akhirnya gue inisiatif teriak di yahoo messenger (YM) ke temen2 tentang gimana caranya menguninstall antivirus2009. Mereka tidak tahu cara menguninstall tapi mereka menjawab tentang cara menyetop untuk sementara. Setelah gue berhasil menyetop dan gue bisa browsing internet lagi, mereka menyarankan gue cari di internet solusinya. Kadang orang lain tidak tau kalo kita lagi dalam masalah jadi perlu inisiatif untuk meminta pertolongan, terbuka menceritakan masalah.

3/ Informasi dan sharing2 yang terjadi di yahoo sangat menolong gue menyelesaikan masalah. Sharing alias saling berbagi info dalam suatu komunitas itu sangat penting. Itulah guna sahabat seiman, saling berbagi cara untuk menguatkan satu sama lain, untuk sama2 sanggup menanggung beban dan keluar dari masalah sebagai pemenang! Duh, jangan sampe deh gue jadi orang Kristen tanpa komunitas keluarga Allah yang saling menguatkan itu. Komunitas itu terdiri dari orang2 yang lemah, yang sarat dengan masalah tapi menyaksikan pengalaman mereka, justru menolong orang Kristen lain untuk bertumbuh.

4/ Iklan di internet kadang menyesatkan. Antivirus2009 itu mengiklankan diri supaya gue install dan gue dengan polosnya menginstallnya. Di dunia ini ada banyak sekali tawaran yang menyesatkan dan sekali sudah diambil, akan sulit membatalkan karena sudah ada konsekuensi yang harus ditanggung. Thanks God, laptop gue ga kenapa2, masih ada cara untuk "mematikan" si antivirus2009 itu. Ini membuat gue harus berhati-hati memilih dan mengambil keputusan.
Thanks God untuk pembelajaran ini, memakan waktu hampir seharian di kantor berkutat menyelesaikan masalah ini. Dan semuanya bisa selesai dengan anugerah God, meninggalkan pengalaman berharga buat gue.

Tidak ada komentar: