Kamis, 12 Maret 2009

Backpacker di Bandung

Bisa pergi ke Bandung 7-9 Maret kemarin adalah suatu anugerah. Jum'at 8 Maret gue kelupaan ada rencana ke Bandung (semua rute diurus si Mandra dan karena gue ga ngurus apa-apa, gue lupa mo ke Bandung), jadi gue udah terima tugas pelayanan plus rapat di Sabtu sore sampe malem. Sempet getar-getir tapi akhirnya Tuhan bukain kesempatan ada orang lain yang menggantikan dan untuk rapat gue bisa izin. Satu step sudah God bukain. Sabtu gue ke stasiun J7.30am mo pesen tiket buat siang eh tau-tau, tiket abis dan stasiun ruame banget. Gue lupa kalo longweekend! Dengan panik gue telpon Mandra dan kami sepakat go show aja di loket pembelian langsung so gue pulang dulu ke rumah (thanks God, rumah ga terlalu jauh dari stasiun).

J11 gue dateng lagi dan antri di loket pembelian langsung. Akhirnya j12.30 loketnya buka dan HORE, 1 step dibukain lagi oleh God, dapet tiket Argo gede boo (padahal udah sempet putus asa kalo naik bis dari UKI). Abis itu gue gerak cepet deh soale keretanya J14.20 & gue harus cari makan dulu. Gue baru dapet mie ayam, eh Mandra telpon gue bilang dia udah nyampe stasiun Jatinegara. Tapi ternyata tuh anak nyasar dan mikir stasiun Tebet adalah stasiun Jatinegara =cape deh=

Singkat cerita, kami berangkat ke Bandung dengan ati seneng. Sampe Bandung kami mulai hunting penginapan. Masak guest house harganya bisa sampe 700ribu/malam. Hari udah mulai gelap ketika akhirnya kami memutuskan dari Kebon Kawung naek angkot ke Jl. Riau. Nanya ama 3 orang, semua mengatakan bahwa Jl. Riau ga jauh dari Dago. Kami naek angkot yang distopkan oleh seorang satpam yang baik hati. Perjalanan lamaaaa banget dan perasaan gue mulai ga enak karena udah kayak keluar kota gitu. Lalu gue bilang ke sopir kalo kami mo ke Jl. Riau yang deket Dago. Sopirnya kaget dan bilang di Bandung ada banyak Dago, dia pikir kami mo ke Dago atas. Hahaha kami ketawa/i aja deh dengan missperception masing-masing. Sopir dan istrinya akhirnya putar balik ke arah kota lagi dan jadi tour guide bagi kami sepanjang perjalanan. Mereka menurunkan kami di jalan apa gitu deh yang katanya deket ama Jl. Riau yang kenyataannya, kami harus tanya 3 or 4 orang lagi untuk beneran sampe ke Jl. Riau hihihi (tapi jujur ga terasa jauh karena gue & Mandra chit-chat di jalan, gue jadi sedikit bisa merasakan perasaan orang Israel di padang gurun dalam kitab Bilangan). Kami sih ga terlalu cemas walau udah gelap/malem banget dan belum dapet penginapan. Kalo bener-bener kepepet kami bisa telpon banyak temen di Bandung tapi kami emang lagi niat banget merasakan jadi backpacker tanpa bantuan orang yang dikenal.

Tuhan memakai seorang satpam yang akhirnya mengetahui lokasi yang kami cari. Ternyata mengetahui bahwa nama penginapan yang kami cari benar-benar ada rasanya WOW! Seperti menemukan suatu tujuan baru. Seharusnya bangsa Israel tiap kali putus asa di padang gurun, tiap x memikirkan tanah kanaan, bisa merasakan semangat dan sukacita seperti yang kami rasakan! Tuhan kasih kami penginapan yang bersih dan murah yang berada di bawah departemen Pekerjaan Umum (Wisma PU yang namanya: Wisma Bina-Marga). Abis mandi, rasa cape kami ilang dan kami memutuskan cari makan. JALAN KAKI LAGE! karena kami berdua orang yang doyan jalan makanya langsing hahaha... abis dapet makan baru deh tidur dengan sangat nyenyak dan penuh syukur.

Sebenarnya secocok-cocoknya gue ama Mandra berteman dan sering keluar kota sama-sama, kami banyak perbedaan dan gue yang easy-going sering bikin Mandra yang tipe planning esmosi, kami sering beda pendapat dan kami sama-sama ngotot hihihi pokoknya kami belajar bernegosiasi deh gara-gara perbedaan kami. Kami sepakat ke GKI Maulana Yusuf dengan becak (karena semalam kami melewati gereja itu dan pikir lumayan jauh) daripada ke HKBP (ga ngerti bahasanya) or gereja Katolik deket penginapan. Seneng deh ke GKI di manapun sama, seperti ada di gereja gue sendiri :) Uniknya, ada angklung performance. Kerennnnn bangettt, gue baru kali itu liat pertunjukan angklung. Sampe menitikkan airmata melihat pemainnya udah pada tua (kayak komisi lansia). Gue lupa lagu apa yang dimainkan tapi sangat menyentuh perasaan dan gue mikir akankah Tuhan memberi gue kesempatan melayani sampai tua seperti itu?

Selesai ibadah, tadinya mo donor darah tapi karena rame dan Mandra udah panik takut kesiangan ke kawah putih, ya udah deh gue cari makan aja. Gue makan batagor ga cukup, lalu cari pecel+sate ayam. Mandra ampe geleng-geleng dengan muka takjub dan nanya apa gue lapar banget. Ya iyalah, gue makan banyak gitu kalo ga lapar apa namanya? Perut sudah diisi, kami nunggu bis ke Leuwi Panjang. Sampe LP, kami naek LX300 ke Ciwideuy. Ampun deh, LX300 tuh diisi 17 orang (belum termasuk sopir & 2 anak kecil), penuh sesak, penumpang ditumpuk kayak ikan teri. Cowok di sebelah gue yang kasian karena berbadan besar dan harus melipat diri selama 2jam booo, gue aja yang imut ini merasa pegel luar biasa, apalagi dia ya? Mandra rajin ngobrol ama orang-orang sementara gue memilih tidur aja deh.

Bangun-bangun dah sampe Ciwideuy dan nyambung angkot lagi ke kawah putih. Di tengah perjalanan, ujan gede banget dan angkot penuh sesak ama semua orang. Baru kali itu gue melihat angkot kecil diisi 20 orang plus barang gede-gede! (angkot yang mirip dengan di Jakarta yang biasanya muat 15 orang doang). Kasian banget deh kenek angkotnya, kena hujan deras banget. Menjelang 3km dari kawah putih macet total sehingga perjalanan luama buanget di angkot (yang thanks God, penumpangnya udah banyak yang turun). Ada bis yang mogok di jalan berliku yang sempit, ada mobil yang kehabisan bensin, dll. Gue dan Mandra pisah duduk jadi kami melakukan pengamatan yang berbeda. Gue lebih mengamati sopir dan kenek bersikap dalam kemacetan total sementara si Mandra mengamati para penumpang. Gue baru tau kenapa Tuhan izinkan gue makan banyak banget paginya! Gue ga bisa makan siang di angkot, si Mandra mo bagi lontongnya tapi gue ga tega makan jatah dia yang emang cuma dikit.

Biasanya kalo kelaparan gue akan cepat darting alias darah tinggi tapi thanks God, waktu itu cuma lemes aja karena J4an sore kami baru sampe di danau Situpatenggang (catat! ga jadi ke kawah putih!). Berapa lama di jalan? >5jam! Itu udah bisa pulang pergi Jkt-Bdg-Jkt.. menakjubkan! Ada penumpang yang sama-sama kami sejak dari Leuwi Panjang, mereka turun di tengah jalan dan memilih pulang kembali ke Bandung sementara gue dan Mandra ngotot udah kepalang tanggung. Yang bikin kami rada nyesel sebenarnya adalah kami ga bawa ransel dan rencana kembali ke Wisma PU, padahal rencana awal yang sempet didiskusiin: bawa aja ransel dan nti cari penginapan di daerah Ciwideuy. Ada 1 ibu bersama anaknya yang baik luar biasa dan menawarkan rumahnya karena dia kuatir liat gue dan si Mandraw pulang malem dari Situpatenggang tapi kami dengan menolaknya dengan hati terharu.

Di Situpatenggang kami puas-puasin deh istirahat dan hmm udah berapa lama ya gue ga ke sana? Bagus euy padahal terakhir pergi (>10 th yl kali ya) ga terlalu bagus, mungkin karena cape banget di jalan jadinya danau Situpatenggang jadi luar biasa indahnya hehehehe... Pulangnya hahaha kami naek angkot yang sama, kami ketawa/i dengan sopir dan keneknya, ga nyangka mereka nungguin kami. Dan macet lagi pulangnya! Gue tidur aja deh. Dari Ciwideuy ke Leuwi Panjang gue & Mandra pengalaman ga mo duduk di belakang lagi kelipet kayak lepet, kami duduk di depan bersama sopir. Tiba-tiba naiklah 2 perempuan, yang 1 gemuk banget. Si Mandra bisik-bisik ke gue, "Jangan sampe dia duduk di depan bareng kita nih." Kursi di samping sopir muat 3 orang dan eng ing eng bener aja, yang super gemuk itu duduk di depan! Habislah si Mandra kejepit di antara gue & cewe gemuk itu. Gue nyengir aja deh karena posisi gue ga separah Mandra. Gue bisa tidur lagi karena terasa capek. Cewe gemuk itu ternyata doyan ngobrol dan sepanjang perjalanan ngobrollah dia dengan Mandra. Karena gue tidur gue diceritain Mandra di penginapan bahwa kisah si cewe itu (plus temennya) ternyata juga cukup dramatis sebagai backpacker pertama kali di Bandung. Dan mereka juga dari Jakarta. Seru juga tuh kayaknya percakapan mereka, tapi gue seneng sih bisa tidur di tengah percakapan mereka yang katanya seru hihihi... Pokoknya kami bisa sampe penginapan lagi deh walau malem banget. Kasian Mandraw yang harus berjaga-jaga dalam perjalanan sehingga Senin pagi dia bangun siang sementara gue bangun pagi dan sangat segar hahaha...

Ternyata jadi backpacker di Bandung Minggu lalu membuat gue belajar beberapa hal:
1. Belajar percaya bahwa Tuhan menyediakan segala kebutuhan gue sesuai waktu dan kehendakNya (step-stepNya unik)
2. Belajar percaya bahwa masih banyak orang baik di dunia (ga mandang agama, suku, ekonomi, usia & pendidikan -apalagi politik hihihi-)
3. Belajar puas & bersyukur dengan keadaan sendiri (mata gue seperti dibukakan kembali melihat banyak orang melalui banyak kejadian)
4. Belajar bekerjasama dengan Tuhan untuk mewujudkan keinginan (ada bagian Tuhan dan ada bagian gue dalam mewujudkan apa yang gue inginkan).
Jadi backpacker with God lagi? hmmm siapa takut?!
^_^

Tidak ada komentar: