Sabtu, 15 Oktober 2011

Facing My Giant-1: Bersepeda

Menjelang usia 32 tahun, gue bertekad belajar naik motor & karena banyak orang bilang better dimulai dengan bisa naik sepeda untuk keseimbangan dulu, akhirnya gue membulatkan hati untuk belajar naik sepeda.

Pergilah gue ke Taman Mini Indonesia Indah ALONE di siang bolong nyewa sepeda sambil bilang ama orang yang nyewain: “Mas, saya ga bisa bawa sepeda, loh. Ini ga bakal rusak gara2 saya kan?” (^_^). Maybe karena orangnya pengen dapet duit, dia langsung bilang gpp itu sepeda jatuh karena cukup kuat & bagus (dia ga mikirin klo gue yang jatoh ya?). Gue tuntunlah itu sepeda keliling cari tempat yang sepi buat bisa belajar. Orang2 di sepanjang jalan yang liat gue nuntun sepeda, menatap dengan heran karena ada sepeda kog ga dinaikin malah dituntun padahal bannya ga kempes jreng jreng jreng...

Gue dapet tempat yang lumayan sepi & memadai buat latihan bersepeda di Museum Al Qur’an. Mulailah perjuangan gue jungkir balik ama sepeda. Puji Tuhan, ga jatuh karena kan kaki gue cukup panjang untuk menapak jika keseimbangan goyah. Tanpa terasa 3 or 4jam gue latihan di sana. Tangan sampe merah2 karena menggenggam stang sepeda seakan nyawa gue ada di situ >:o) Tapi lama-lama mulai terbiasa berputar di sekeliling taman, mengayuh dengan kaku & nyelonong ke mana2 arah sepeda gue karena sulit sekali mengendalikan stang sepeda. Gue sampe mikir, ini stang kog ga nurut ama tangan & perintah gue huh... Akhirnya ga sia2 dink... entah si stang sepeda udah mulai paham siapa sang tuan or tangan gue yang udah bisa mengarahkan stang itu kemana.

Pulanglah gue dari TMII dengan sukacita karena pikir udah lumayan. Sampe rumah cerita2 ama keluarga & mama langsung teringat sepeda sepupu gue yang terbengkalai karena sepupu gue nyerah belajar sepeda setelah jatuh. Singkat cerita, sepeda itu diantar ke rumah gue sehingga hari2 berikutnya gue bisa latihan naik sepeda di seputar rumah tanpa harus jauh2 go ke TMII. Nah, berikutnya gue lebih pinter dikit: latihan naik sepeda pagi-pagi buta, jalanan masih sepi & yang terpenting: ga perlu gosong kena sinar matahari seperti kejadian di TMII. Hari demi hari berlalu, dari naik sepeda keringet dingin sampe naik sepeda bisa merasakan sejuknya angin pagi yang bersih. Akhirnya gue menikmati olahraga bersepeda di pagi hari. Rasanya badan luarbiasa segar. Beberapa tips belajar sepeda:

1. Cari jalanan yang sepi cukup lebar karena kalo belajar pertama kali, mengendalikan stang sepeda rasanya cukup sulit sehingga kalo itu sepeda nyelonong kemana-mana, ga akan nabrak kendaraan atau orang atau pagar. Sebisa mungkin cari waktu yang tidak terlalu panas, wong cuaca dingin aja, pemula bisa keringetan saking frustasinya menjaga keseimbangan.

2. Kalo bisa dapat tempat yang agak menurun, bisa mulai belajar tanpa mengayuh. Latihan keseimbangan aja. Duduk di sadel sepeda, kedua tangan menggenggam stang (jari manis+kelingking+jempol kiri pegang stang kiri sementara telunjuk & jari tengah pegang rem), kedua kaki berada dekat jalanan, dorong sepeda dengan gerakan badan bertenaga condong ke depan (kedua kaki berjaga2 siap2 menjejak kalo merasa ga seimbang). Fokus aja gimana bisa mengendalikan stang & menyeimbangkan kedudukan tanpa harus mengayuh.

3. Kalo harus mulai belajar di jalanan yang rata (pastiin ga banyak batu/kerikil/lubang), pegang stang dalam posisi lurus & cari posisi duduk senyaman mungkin dengan 1 kaki diletakkan di kayuhan (kalo gue si taro kaki kanan di kayuhan), sementara kaki kiri menjejak di jalanan, membantu mendorong sepeda maju. Ketika keseimbangan sudah mulai terasa, pelan2 angkat & tarohlah kaki kiri di kayuhan lalu mulai mengayuh sepeda. Gpp kalo arahnya belok-belok alias ga lurus, genggam stang & dengan tenaga coba untuk kendalikan lurus ke arah yang kita mau. Kalo sudah mo jatuh, ya rem sambil turunin aja kedua kaki. Sebisa mungkin stang diarahkan ke jalan yang lebar sambil terus mengayuh & jangan terlalu cepat untuk ngerem atau menurunkan kaki karena takut jatuh. Makanya penting sekali jalanan harus sepi ga ada orang lalu-lalang or kendaraan berseliweran. Semakin lebar jalanan akan makin baik krn biasanya arah kayuhan ga terkendali jadi meliuk ke sana kemari & itu gpp, kayuh aja terus (sebaliknya, kalo jalanan sempit akan lebih cepat mengerem). Semakin lama berhasil mengayuh, semakin kita akan bisa mengendalikan stang sepeda itu sesuai kemauan kita.

4. Kalo udah mulai mantap dengan jalan lurus, belajar membelok. Kalo merasa goyang & gamang, turunin aja 1 kaki pelan2 belokkan stang ke arah yang kita mau. Kalo udah terbiasa, kayuhan dipercepat beberapa saat sebelum belok, sehingga di belokan justru tidak perlu mengayuh lagi, hanya perlu meletakkan kaki di kayuhan dalam posisi diam, badan condong ke arah belokan (sebaliknya, pinggul didorong ke arah berlawanan dengan belokan), untuk mengikuti arah belokan. Setelah jalan lurus lagi, jangan lupa luruskan posisi badan & pinggul juga ya.

Selesai deh... walau sangat terlambat mulai belajar bersepeda di usia menjelang 32 tahun, rasanya sangat bersyukur Tuhan masih kasih kesempatan bisa menikmati olahraga sepeda sepanjang sisa umur gue. Perjalanan bisa mengendarai motor masih sangat panjang tapi 1 step berhasil dilewati & dinikmati hahaha Ora et labora, berdoa & berusaha maka ga ada yang mustahil, facing my giant bagian 1 selesai, HOREEE Praise The Lord!!!